AVIANDRI ID

Berkarakter, Mandiri, dan Berwawasan Global

RPP Kelas 1 Kurikulum 2013 Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 2

    A.    Kompetensi Inti
a.         Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
b.        Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
c.         Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
d.        Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

    B.    Kompetensi Dasar dan Indikator
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar:
1.2 Menerima keberadaan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan manusia, bahasa yang beragam, serta benda-benda di alam sekitar
2.1 Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap keberadaan wujud dan sifat benda melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.5     Mengenal teks diagram/label tentang anggota keluarga dan kerabat dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.5     Membuat teks diagram label tentang anggota keluarga dan kerabat secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
PPKn
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
2.1 Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
3.1     Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap salah satu sila Pancasila

Indikator
Bahasa Indonesia
3.5.1        Menyebutkan perbedaan perubahan cuaca
3.5.2        Mengidentifikasi komponen tabel
3.5.3        Mencocokkan simbol
4.5.1        Membaca tabel
PPKn
3.1.1        Menyebutkan simbol dan bunyi sila kelima
3.1.2        Mengidentifikasi gotong-royong sebagai perilaku yang sesuai dengan sila kelima Pancasila
3.1.3        Menjelaskan manfaat gotong royong
4.1.2        Melaksanakan gotong-royong

    C.      Tujuan Pembelajaran
a.    Dengan membaca tabel tentang perbedaan cuaca, siswa dapat menyebutkan 5 (lima) perbedaan perubahan cuaca dalam lima hari dengan benar.
b.    Dengan mengamati gambar simbol cuaca, siswa dapat mencocokkan simbol cuaca dengan cuaca yang tepat dengan sesuai.
c.    Dengan mengamati cuaca di sekitar sekolah, siswa dapat mengerjakan proyek tabel cuaca selama lima hari dengan tepat.
d.   Dengan memperhatikan penjelasan guru tentang simbol dan bunyi sila kelima Pancasila, siswa dapat mengidentifikasi simbol dan bunyi sila kelima Pancasila dengan tepat.
e.    Dengan membuat rencana gotong-royong, siswa dapat melaksanakan gotong-royong dengan semangat.

f.     Dengan bergotong-royong, siswa dapat mengidentifikasi gotong-royong sebagai perilaku yang sesuai dengan sila kelima dengan tepat.

RPP lengkap download di SINI

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RPP Kelas 1 Kurikulum 2013 Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 2"